Extrakurikuler ~ Musing on technology, computer and internet

Extrakurikuler

February 8, 2005

Masih ingat sewaktu disekolah menengah dulu ?. Banyak kegiatan extrakurikuler yang tersedia yang bisa diikuti. Dari pencinta alam sampai yang berbau ilmiah. Menilik dari namanya saya asumsikan artinya adalah kurikulum tambahan atau kegiatan tambahan penunjang kurikulum. Betul nggak sih ?. Ternyata kegiatan tambahan seperti itu ada juga di tempat kerja. Selain pekerjaan pokok saya di bagian IT, saya duduk juga di komite gerakan penyelamatan lingkungan bentukan tempat saya bekerja, ruang geraknya sih meminimalisasi efek samping produk dan proses kami terhadap lingkungan ( habitat dan sosial ), dan ini adalah bagian dari usaha kami mencapai sertifikasi internasional. Syukurlah tahun 2004 usaha kami berhasil dan kami berhasil setelah berhasil memperbaiki kinerja kami dalam usaha penyelamatan lingkungan dan kepedulian kami terhadap sosial kemasyarakatan. Di komite ini kerjaan bisa dibilang bejibun. Dari memberikan training ke staff bagaimana pentingnya lingkungan itu, menyusun juklak dan teknis pelaksanaan, penilaian terhadap pelaksanaan di masing masing departemen dan masih banyak lagi lainnya. Selain di komite penyelamatan lingkungan, akhir Januari ini terbentuk lagi komite krisis dan effisiensi, sebuah komite yang bertugas menyusun strategi untuk memastikan tempat kami bekerja beroperasi secara effisien (expenses dan cost kecil), memastikan pelaksanaannya dan menelaah hasilnya, terutama pada saat saat low season seperti bulan Februari dan Maret. Lucunya, siapa yang duduk di komite ini adalah orang orang yang juga duduk di komite penyelamatan lingkungan, alasan bos besar sih karena melihat prestasi yang dicapai komite penyelamatan lingkungan yang terbilang sukses besar, tentu komite ini juga mampu berpikir dan memberi masukkan dalam menyusun strategi effisiensi. Uh. Jujur saja kegiatan extra kulikuler seperti ini sebenarnya bagus, saya banyak belajar, terutama diluar bidang pokok saya. Namun susahnya, semakin sulit mengatur waktu , dan semakin sedikit waktu buat ngoprek. Uh. Hampir 80 persen dari TODO list harian saya adalah kegiatan extra kurikuler, demikian juga jadwal harian saya. Paling banyak saya bergelut di bidang pokok saya adalah 3 jam, itu pun bisa kurang, selebihnya ngurusin extra kurikuler ini. Yah mudah mudahan extrakrikuler ini juga bisa jadi nilai raport yang bagus selama saya bekerja disini. Ya anggap aja nabung.

Bookmark it :

  • Technorati
  • Del.icio.us
  • Digg
  • Yahoo!
  • Google
  • Meneame
  • Furl
  • Reddit
  • Magnolia
  • Blinklist
  • Blogmarks

Subscribe to RSS or Email

0 comments: