Air ~ Musing on technology, computer and internet

Air

March 25, 2005



Tanggal 22 Maret kemarin diperingati sebagai hari air dunia , kali ini tema-nya adalah "Water for life". Air sebagai hal yang sangat penting didunia ini semakin ahri semakin menjadi barang yang mahal saja. Siapa yang membuatnya semakin mahal ?, ya kita sendiri. Ke-egoisan kita dengan menggunakan air berlebihan, ke-tidak pedulian kita untuk tidak membuang sampah ke aliran sungai, ketidak-pedulian ( ketidaktahuan ) kita bagaimana air itu di masa datang , ke-bodohan kita yang menganggap air itu adalah berlimpah, dll.

Bali dianugrahi alam yang sudah terstruktur sedemikian rupa. Diberkati dengan Danau Batur yang terbesar dan tiga danau lainnya yang kecil kecil. Mereka lah yang selama ini menjadi penyuplai hampir seluruh kebutuhan air masyarakat Bali. Namun melihat perkembangan alam Bali akhir akhir ini yang sudah termakan modernisasi, saya ragu sampai kapan kita akan bertahan. Didaerah hulu dan pegunungan menjamur villa villa milik orang orang berduit, tiada lagi saya rasakan Bedugul yang sejuk, selain mata disesakkan oleh banyak villa berjejer. Siapa lagi yang akan menjadi sumber serapan air ? Lereng lereng sudah mulai gundul, pohon pohon sudah berganti rupa menjadi pohon beton.

Ajeg Bali ?? , Sustainable Bali. Bisakah kita mengupayakan Sustainable Water dulu untuk benar benar mencapai Ajeg Bali itu ? Saya tidak mau komentar masalah Tajen dan Judi yang sudah berkarat menjadi momok. Marilah kita berusaha berhemat air. Saya tidak melarang untuk minum air banyak banyak, itu untuk kesehatan, jadi minumlah sebanyak mungkin. Beberapa hal yang mungkin bisa digunakan untuk berhemat air sbb:


  1. Periksalah saluran pipa ledeng anda. Cek berkala meteran anda ( sebelumnya tutup semua kran yang ada ), jika meteran masih bergerak berarti ada kebocoran. Perbaiki segera !

  2. Jangan membiasakan diri membilas sayur di kran dengan air mengalir. Anda akan membuang buang banyak air, gunakan baskom atau wadah lain.

  3. Ketika mencuci, gunakan deterjen seperlunya. Deterjen banyak mengandung bahan kimia yang tidak baik bagi air dan tanah.

  4. Ketika anda menggunakan mesin cuci, gunakanlah hanya ketika beban puncak/ banyak cucian. Mencuci beberapa kaos kaki saja hanya akan membuang buang air saja.

  5. Jangan buang buang air pada saat mencuci mobil. Gunakan seperlunya

  6. Jangan biarkan anak anda bermain main dengan selang ledeng. Selain membuang buang air , anak anda juga bisa pilek :)

  7. Jangan membuang sampah ke kali / saluran air

  8. Dll


Semoga dimasa datang tiada lagi saluran ledeng yang mengalir disiang hari , mati di malam hari. Tiada lagi air ledeng yang bau dan terlalu banyak klorin dan lain lain nya. Mari kita berhemat air. Sering saya dengar , " ahh kita saja mencoba berhemat, orang lain belum tentu mau berhemat, mendingan tidak usah berhemat saja ", bayangkan jika semua orang berpikiran seperti itu ??

Semoga air tidak menjadi barang yang menjadi sumber keributan di DPR kita di kemudian hari.

Bookmark it :

  • Technorati
  • Del.icio.us
  • Digg
  • Yahoo!
  • Google
  • Meneame
  • Furl
  • Reddit
  • Magnolia
  • Blinklist
  • Blogmarks

Subscribe to RSS or Email

0 comments: